Kamis, 16 Juli 2020

Karya Ilmiah

Judul karya ilmiah yang saya ambil adalah

 " Pengaruh home learning terhadap efektifitas siswa anak kelas XI IPA, SMA Kasih Karunia, di Jalan Taman Palem Lestari, Cengkareng – Jakarta Barat."

Alasan saya mengambil judul tersebut dikarenakan selama beberapa bulan ini kita menghabiskan waktu belajar mengajar kita dengan metode home learning. Yang dimana, ini menjadi suatu hal yang baru baik bagi guru maupun murid. Oleh karena itu, agar kita mengetahui dan dapat berkembang seiring berjalannya waktu. Karna seperti yang kita tahu, fakta nya ada banyak kendala yang dialami siswa tetapi tidak tersampaikan kepada bapak ibu guru atau bahkan orang-orang yang bersangkutan. Hasil penelitian ini bukan lah untuk menjatuhkan melainkan saling membangun dan membantu satu dengan yang lainnya. Dengan ini,  saya ingin membuat penelitian tersebut dengan salah satu kelas yaitu XI IPA sebagai perwakilan dari seluruh kelas di sekolah Kasih Karunia.


Pengaruh home learning terhadap efektifitas siswa anak kelas XI IPA, SMA Kasih Karunia, di Jalan Taman Palem Lestari, Cengkareng – Jakarta Barat.


Bab I Pendahuluan

1.1 Latar belakang

      Sepertinya kita tidak asing lagi dengan kata-kata Home Learning atau yang biasa disebut HL. Home Leaning merupakan kegiatan belajar mengajar di rumah yang menggunakan media pembelajaran dengan sistem daring online yang menghubungkan antara anak dan sekolah.

Home Learning merupakan solusi dari pandemi covid – 19 bagi para siswa. Kegiatan HL dilakukan selayaknya sekolah secara fisik yaitu seperti siswa memakai seragam sekolah, melakukan absensi, latihan soal, dan bahkan ujian dari rumah.

Kegiatan ini sudah berlangsung selama 3 minggu kurang lamanya. Namun apakah ini membantu para siswa atau menyulitkan para siswa. Maka dari itu penelitian ini akan dilakukan untuk mengetahui desas desus dari perwakilan siswa SMA Kasih Karunia kelas X IPA.

1.2 Masalah penelitian

Berdasarkan uraian diatas, maka yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan HL ini dapat membantu para siswa dalam masa pandemi ini atau malah berdampak buruk bagi pendidikan siswa nya.

1.3 Rumusan masalah

Berdasarkan uraian diatas, maka secara spesifik masalah pokok dalam penelitian itu dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Apakah Home Learning berpengaruh terhadap ke efektifan pendidikan siswa SMA Kasih Karunia kelas X IPA ? 
  2. Apakah Home Learning membantu atau mempermudah pembelajar siswa SMA Kasih Karunia kelas X IPA saat pandemi covid-19 ?
  3. Dalam hal apa yang sangat merugikan siswa SMA Kasih Karunia kelas X IPA saat Home Learning ?
  4. Bagaimana cara mengatasi permasalahan Home Learning ?

1.4 Tujuan penelitian


  • Untuk mengetahui pengaruh terhadap ke efektifan pendidikan siswa SMA Kasih Karunia kelas X IPA.
  • Untuk mengetahui apakah Home Learning membantu atau mempermudah pembelajar siswa SMA Kasih Karunia kelas X IPA saat pandemi covid-19.
  • Untuk mengetahui hal apa yang sangat merugikan siswa SMA Kasih Karunia kelas X IPA saat Home Learning.
  • Untuk mengetahui cara mengatasi permasalahan Home Learning.


1.5 Manfaat penelitian

Untuk mengevaluasi kegiatan Home Learning agar lebih efektif baik bagi para siswa maupun sekolah.


Bab II Studi pustaka atau landasan teori

2.1 Pengertian Home Learning (HL)

Home Learning adalah konsep belajar berbasiskan teknologi dengan keberadaan siswa yang berada di rumah dan dengan bantuan orang tua yang berperan aktif.

"E-learning adalah suatu sistem pembelajaran yang digunakan ialah sebagai sarana ialah sebagai proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka dengan secara langsung antara pendidik dengan siswa/i ." (Ardiansyah,2013)

2.2 Manfaat Home Learning

Untuk saat ini pengganti pembelajaran sekolah secara fisik adalah Home Learning. Hal ini dikarenakan dengan menerapkan Home Learning kita juga menerapkan social distancing. Yang dimana hal ini diperlukan saat masa pandemi ini untuk mengurangi angka naiknya covid-19.

Manfaat E-learning dengan menurut Pranoto, dkk (2009:309) antara lain sebagai berikut:
1. Meningkatkan suatu partisipasi aktif dari mahasiswa.
2. Meningkatkan suatu kemampuan belajar mandiri mahasiswa.
3. Meningkatkan suatu kualitas materi pendidik serta juga pelatihan.
4. Meningkatkan suatu kemampuan untuk dapat menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi, yang mana dengan perangkat biasa akan sulit dilakukan.

2.3 Dampak positif Home Learning terhadap efektifitas siswa anak kelas XI IPA adalah sebagai berikut : 

  • Melatih kemandirian
  • Keterampilan teknologi yang semakin maju
  • Pelajaran dapat ter dokumen secara sistematis 
  • Pembelajaran jauh lebih ringkas
  • Tersedia 24 jam

2.4 Dampak negatif Home Learning terhadap efektifitas siswa anak kelas XI IPA

  • Kurangnya interaksi antara para pelajar dengan guru disekolah
  • Kurang fokus
  • Dituntut harus bisa menguasai teknologi
  • Jika sinyal internet kurang bagus, maka pembelajaran saat itu pun kurang efektif.

2.5 Solusi dari kekurangan Home Learning

Untuk solusi saat ini, hanya bisa dilakukan memajukan teknologi dan internet dan solusi masing-masing terhadap para guru mata pelajaran. Tetapi untuk sisi keefektifan, memang lebih efektif sekolah fisik dibanding Home Learning. Untuk masa pandemi ini memang disarankan untuk tetap Home Learning sampai covid-19 mereda.


Bab III Metode Penelitian

3.1. Jenis peneltian 

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan metode kualitatif, dimana penelitian lebih cenderung menggambarkan suatu kejadian dengan apa adanya berupa deskripsi. Bentuk penelitian nya adalah dengan survei kepada beberapa ahli dan angket kepada orang-orang, hal ini bertujuan agar peneliti mendapatkan informasi dengan variabel. Wawancara dan survei berisikan pertanyaan-pertanyaan tentang rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah ini adalah peran siswa, yaitu menelaah permasalahan berdasarkan pengaruh Home Learning terhadap efektifitas siswa.

3.2. Teknik pengumpulan data 

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei dan wawancara. Hal ini dikarenakan agar peneliti mendapat rumusan masalah dari dua sisi yaitu teori dan kenyataannya. Untuk rumusan masalah, digunakan beberapa pertanyaan :
  1. Apakah Home Learning berpengaruh terhadap ke efektifan pendidikan siswa SMA Kasih Karunia kelas X IPA ? 
  2. Apakah Home Learning membantu atau mempermudah pembelajar siswa SMA Kasih Karunia kelas X IPA saat pandemi covid-19 ?
  3. Dalam hal apa yang sangat merugikan siswa SMA Kasih Karunia kelas X IPA saat Home Learning ?
  4. Bagaimana cara mengatasi permasalahan Home Learning ?

3.3. Populasi dan sampel

1. Populasi
Dalam penelitian ini populasi nya adalah siswa-siswi kelas X dan XI SMA Kasih Karunia

2. Sampel 
Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 2 siswa perwakilan dari setiap kelas nya, dengan objek penelitiannya adalah latar belakang pengaruh Home Learning terhadap efektifas pembelajaran siswa.

Bab IV Pembahasan

4.1. Pengaruh Home Learning terhadap siswa.

Berdasarkan hasil wawancara penulis, ditemukan bahwa beberapa siswa memiliki masalah dengan Home Learning. Hal ini dikarenakan pembelajaran secara daring memang tidak se efektif pembelajaran langsung. Oleh karena itu, Home Learning hanya dilakukan selama masa Covid-19.

4.2. Cara menanggulangi permasalahan Home Learning.

Berdasarkan hasil wawancara penulis, dapat diberikan kesimpulan bahwa pada saat ini hanya bisa dilakukan dengan memajukan teknologi, internet dan solusi masing-masing terhadap para guru mata pelajaran. Tetapi untuk sisi keefektifan, memang lebih efektif sekolah fisik dibanding Home Learning. Untuk masa pandemi ini memang disarankan untuk tetap Home Learning sampai covid-19 mereda.

Bab V Penutup

5.1. Kesimpulan

Berdasarkan segala informasi yang telah dikumpul kan dan dipahami, maka kesimpulan dari itu semua adalah Home Learning ini mempunyai banyak kegunaan bagi para siswa yang bisa digunakan sebagai pengganti pembelajaran secara langsung, tetapi Home Learning juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin menyulitkan beberapa orang. Jadi, selama pandemi Covid-19 belum mereda. Alternatif Home Learning akan tetap dilakukan.

5.2. Saran

Jika dilihat secara keseluruhan, saya mendapatkan solusi yang mungkin akan membantu evaluasi Home Learning agar lebih baik yaitu dengan memajukan teknologi, internet, dan solusi masing-masing terhadap para guru mata pelajaran. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Proposal kegiatan

  Proposal kegiatan (Bakti sosial) Bab I Pendahuluan  A. Latar belakang  Di masa pandemi ini, pasti banyak hal yang terjadi baik itu merugik...