Kamis, 26 Maret 2020

My home learning

Pengalaman saya selama home learning.


Home learning yang saya lakukan kali ini terasa asing bagi saya.. Karna home learning kali ini menggunakan E-learning. Yang dimana saya menggunakan google classroom untuk medianya.


Saat pertama kali saya merasa sangat bingung bagaimana cara menggunakannya, cara kerja GC, cara penilaian, dan lain-lain. Tapi seiring pembelajaran di GC saya mulai terbiasa bahkan mengerti kinerja GC. 

Selagi pembelajaran GC ada beberapa guru yang menugaskan praktek salah satunya mata pelajaran B. Inggris. Saya ditugaskan untuk meliput berita dalam bahasa Inggris. Saya pun merekam saat detik-detik saya meliput berita dalam bahasa Inggris. 


Selain itu, ada guru yang meminta foto saat pembelajaran, vidio menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan vidio berdoa sebelum pembelajaran E-learning dimulai.

Ada juga pengalaman yang membuat saya takut, yaitu telat mengumpulkan tugas. Saya pernah mengalami itu, saat mata pelajaran matematika. Waktu itu, saya ingin memposting tugas saya tapi saat saya memposting nya keluar gambar seperti ini..


Yang dimana postingan itu tidak bisa diserahkan alias gagal. Saya sangat panik karna tenggat waktu hanya sampai 13.00 sedangkan saya mengumpulkannya di jam 12.00 (tinggal satu jam lagi). Saya pun menanyakan solusi nya kepada teman-teman saya, tapi diantara semua solusi itu tidak ada yang berhasil. Akhirnya saya pun memberanikan diri untuk berkomunikasi dengan guru yang bersangkutan... Saya menceritakan dari awal sampai akhir, saya pun menanyakan solusi agar tugas saya dikumpulkan via pribadi. Tapi beliau menyarankan untuk terus mencoba dan kalau memang benar-benar tidak visa boleh dikumpulkan via pribadi. 
Saya pun terus mencoba dan hasilnya sama seperti gambar di atas.. Saya pun sudah mulai putus asa dan berpikir saya akan gagal menjalankan tugas ini. Tiba-tiba ada satu teman saya yang memberikan solusi tersendiri, ia menyarankan agar saya menggunakan google dokumen sebagai perantara dan hasil nya saya berhasil..

Tapi saya telat mengumpulkan tugas tersebut, saya mengumpulkan saat jam 13.20. Guru yang bersangkutan pun bilang kepada saya "you have done. But late" Saya pun meminta maaf kepada guru itu dan menjelaskan bahwa entah mengapa saya tidak bisa memposting jawaban saya. Beliau pun mengerti dan memaafkan saya.. 

Saya merasa sangat beruntung, saya bisa mengikuti home learning. Saya mendapat banyak pengalaman, baik itu hal kecil maupun besar. 
Dari sini, saya pun bertekad akan terus belajar, terus mencari tahu dan menjadikan kesalahan saya sebagai motivasi saya!! 

2 komentar:

  1. Tulisan yang jujur, apa adanya. Namun penuh makna, pertama - tama yang bisa dijadikan pelajaran dari cerita di atas adalah KOMUNIKASI, selain itu, tahukah mengapa guru membiarkan anda berusaha terlebih dahulu, bukan karena beliau tegah tetapi lebih kepada memberikan pelajaran kepadamu bahwa usaha tidak akan pernah menghianati hasil. Tulisan yang bagus, informatif dan sangat lengkap media yang digunakan. Sedikit kekurangan ialah fone, terlalu kecil, yang lainnya luar biasa, terbaik

    BalasHapus

Proposal kegiatan

  Proposal kegiatan (Bakti sosial) Bab I Pendahuluan  A. Latar belakang  Di masa pandemi ini, pasti banyak hal yang terjadi baik itu merugik...