Senin, 20 April 2020

Menemukan nilai keteladanan dalam teks Biografi

Selasa, 21 April 2020

Pada hari ini saya ditugaskan oleh guru B. Indonesia saya untuk menemukan nilai keteladanan dalam Teks Biografi.


Data buku
Judul : Serpihan Kisah Bu Risma 
Penulis : Ahmad Asrof Fitri
Penerbit : Real Books, Yogyakarta
Cetakan : April 2014
Tebal : 153 halaman 

  • Kutipan pertama
 > " Dibawah kepemimpinannya, Surabaya menjadi hijau karena banyak taman. Dia juga telah menutup beberapa lokalisasi, membangun puluhan taman, dan mengelola sampah secara terpadu." 

> Penjelasan : Seperti yang kita tahu, image Surabaya dulu adalah kumu, gersang, dan penuh polusi. Itu semua berubah semenjak Bu Risma bertekad dan mempunyai pendirian untuk merubah kota Surabaya  menjadi lebih baik.


  • Kutipan kedua 
> " Risma bukanlah seorang politikus. Dia tidak pernah mengenyam pendidikan khusus tentang politik atau kenegaraan. Ijazah sarjana dan pascasarjana diperoleh dari jurusan arsitektur."

> Penjelasan : Mungkin orang-orang bilang " Bagaimana bisa seorang yang tidak mengalami pengalaman atau berpendidikan bisa menjadi seorang walikota?" Sekarang kita bisa lihat sendiri bukti nyatanya, bu Risma bahkan tidak memiliki pengalaman dan pendidikan untuk menjadi seorang Walikota, bahkan peran yang ia perani sekarang juga bertolak belakang dengan lulusannya. Kalau memang kita mau belajar dan terus mencoba yang terbaik, kita pasti bisa. 


  • Kutipan ketiga
> " Sejak Risma masih kecil sudah diajarkan oleh orang tuanya tentang pentingnya menghargai uang, beratnya perjuangan mencari rezeki, dan kerasnya menjalankan usaha demi memenuhi kebutuhan keluarga."

> Penjelasan : pengalaman yang ia alami di masa lalu membuat ia menjadi termotivasi dan belajar menghargai baik dari hal kecil sampai besar. Ia juga berjuang dari nol sampai ia bisa menjadi orang yang sangat dipandang oleh banyak orang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Proposal kegiatan

  Proposal kegiatan (Bakti sosial) Bab I Pendahuluan  A. Latar belakang  Di masa pandemi ini, pasti banyak hal yang terjadi baik itu merugik...